Monday, April 20, 2015

tumpang

Resep Sambal Tumpang

Tumpang atau sambal tumpang adalah sebuah makanan khas dari Kota Kediri, Jawa Timur. Cara penyajian sambal tumpang tak jauh beda dengan cara penyajian sambal pecel, yaitu dengan nasi yang di atasnya diberi aneka lalapan atau sayur-mayur yang telah direbus terlebih dahulu lalu disiram dengan sambal tumpang dan diberi peyek sebagai pelengkap, bisa peyek kacang atau peyek teri.

Sambal pecel kediri biasanya disajikan bersamaan dengan sambal tumpang. Sebagai makanan khas kediri, sambal tumpang merupakan makanan favorit yang tidak bisa ditinggalkan. Rasanya khas dan unik. Sambal tumpang juga jarang didapatkan di daerah lain. Nah bagi yang ingin membuat sambal tumpang, berikut kami tuliskan resep sambal tumpang sebagai pendamping bumbu pecel anda di rumah.

Bahan:

  1. 3 buah cabe merah 
  2. 5 buah cabe rawit 
  3. 5 siung bawang merah 
  4. 3 siung bawang putih 
  5. 2 cm lengkuas 
  6. 1 sendok ketumbar 
  7. 1 lembar daun salam 
  8. Santan 
  9. Garam dan gula secukupnya 
  10. Tempe yg sudah dilayukan 2 hari

  Cara pembuatan sambal tumpang :

  1. Bawang putih, bawang merah, cabe merah, tempe direbus dengan air 2 gelas (450 ml) hingga airnya sedikit, lalu hasil rebusan dihaluskan, ketumbar juga dihaluskan 
  2. Tambahkan santan, daun salam, garam, gula dan lengkuas. Cabe rawit juga dimasukkan dalam keadaan utuh. tunggu sampai mendidih dan biarkan bumbunya meresap. 
  3. Sambal tumpang siap disajikan dengan sayur yang sesuai selera anda. Kacang panjang, kubis, kecambah ataupun kemangi dapat dipilih sesuai kesukaan masing-masing
Sumber: resep masakan khas kediri

tumpang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: d7000

0 comments:

Post a Comment